Sosialisasi Layanan LLDIKTI Wilayah II – Dites (digital tracking equipment system)

Sejak tanggal 1 Juli 2021 LLDIKTI II memberlakukan DiTES (digital tracking equipment system). Pada dasarnya aplikasi ini adalah aplikasi berbasis web yang memudahkan proses surat menyurat dari semua stake holder ke LLDIKTI II dengan alamat http://dites.lldikti2.id/ .

Jenis Layanan

Ada 27 jenis layanan yang tersedia untuk saat ini (lihat gambar)

Contoh Pengaplikasian

Contoh penggunaan aplikasi ini misalnya pada proses pindah homebase eksternal dosen (diperlukan scan SK rekomendasi Kopertis supaya proses pengajuan pindah diajukan).

Pada proses lama operator PT atau dosen ybs mengirim berkas-berkas  untuk penerbitan SK rekomendasi kopertis ini secara manual.

Pada proses baru, berkas-berkas ini bisa di kirim online dan hasilnya juga bisa di lihat online dari aplikasi DiTES.

Peran / Role

Ada 3 peran / role yang ada untuk saat ini; Dosen, Operator dan Umum

Dosen perguruan tinggi harus membuat akun DiTES agar bisa berkirim surat ke LLDIKTI II (sesuai konteks layanan yang disediakan).

Operator Perguruan tinggi berfungsi untuk memantau pergerakan surat.

Melacak Usulan

Setiap usulan yang di ajukan via aplikasi DiTES ini akan memberikan nomer tracking . Kode ini yang bisa digunakan untuk melacak sejauh mana proses usulan yang diajukan.

Cara Pembuatan Akun dan Manual

Silahkan lihat panduan di video berikut dan untuk manual, silahkan download USER MANUAL DITES.

Catatan :

Aplikasi ini BUKAN pengganti layanan yang ada di tingkat pusat.

Misal proses pembukaan prodi baru, surat yang terkait dengan pembukaan prodi di level LLDIKTI II dilayani via aplikasi ini. Proses pengajuan pembukaan prodi baru tetap lewat Silemkerma.

Demikian sekilas info 🙂